Tips Komputer dan Laptop Supaya Tidak Lemot

Komputer atau laptop saat ini menjadi perangkat komunikasi yang keberadaannya banyak dijumpai di segala hal. Tak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan saja, bahkan komputer juga bisa digunakan untuk bermain game. Lalu bagaimana jika komputer yang Anda gunakan terasa berat dan terkesan lemot?

Walaupun setiap komputer maupun laptop mempunyai spesifikasi yang berbeda, namun terdapat tips yang bisa mengurangi keadaan komputer yang lemot.

Dan berikut beberapa tips komputer dan laptop supaya tidak lemot.

  1. Terlalu Banyak Program Startup

Tips komputer dan laptop pertama yang bisa diketahui yaitu Anda bisa mengecek apakah komputer atau laptop Anda terdapat banyak program startup atau tidak. Caranya, saat Anda menghidupkan beberapa program  maka secara otomatis system akan berjalan pada saat awal masuk ke layar desktop windows atau startup.

Lamanya loading komputer  ini sangat dipengaruhi oleh banyaknya program startup. Sehingga semakin banyak program maka akan semakin memperlama loading komputer.

Berikut cara untuk mengurangi program startup pada windows :

  • Klik start > run atau dengan cara menekan Win + R
  • Klik msconfig lalu tekan enter
  • Pilih tab startup
  • Hilangkan checklist pada program yang tidak ingin dijalankan pada saat startup
  • Anda bisa memilih opsi disable all untuk men-unchek semua program. Namun cara ini tidak disarankan untuk dilakukan. Dan beberapa program tersebut antara lain antivirus, yang sebaiknya dijalankan ketika startup.
  1. Terlalu Banyak Program yang Di Install

Ketika membeli komputer atau laptop, biasanya penjual akan meginstallkan banyak sekali program yang kadangkala program tersebut tidak dibutuhkan. Bahkan terkadang terdapat dua buah program yang serupa padahal Anda tidak memakainya.

Banyaknya program tersebut ternyata juga mempengaruhi kapasitas memori pada komputer yang nantinya dapat mempengaruhi kinerja komputer itu sendiri. Untuk itu, Anda bisa menguninstall program yang tidak diperlukan.

Berikut tips komputer dan laptop untuk menguninstall program yang tidak dibutuhkan :

  • Buka control panel
  • Pilih menu Uninstall Program
  • Pilihlah program yang akan di uninstall
  • Klik menu yang akan di uninstall, lalu tunggu hingga proses penginstallan selesai.

Seperti halnya rumah, bahkan komputer juga menyimpan banyak sampah digital yang diperoleh ketika menggunakan komputer. Sampah tersebut berupa file-file yang sudah dihapus,  recent places, temporary files maupun cookies atau history ketika melakukan browser.

  1. Terserang Virus/Malware/ Spyware

Apabila Komputer terkena virus/malware/spyware, tak hanya membuat komputer atau laptop menjadi lambat. Namun, juga akan berpotensi merusak data-data yang tersimpan pada komputer tersebut.

Dan tips komputer dan laptop yang bisa Anda lakukan yaitu Anda bisa menginstall antivirus. Anda bisa memasang antivirus yang terpercaya, dan jangan memasang antivirus yang sembarangan.

Apabila komputer Anda sudah terserang virus, solusinya Anda bisa melakukan scanning secara keseluruhan, termasuk pada system C.

  1. Hardisk Terlalu Penuh

Untuk keadaan yang satu ini terjadi karena komputer atau laptop yang digunakan sudah terlalu tua. Untuk komputer keluaran lama biasanya mempunyai kapasitas yang tidak terlalu banyak. Contohnya saja untuk hardisk keluaran tahun 2015 yang mempunyai ukuran rata-rata hanya puluhan GB saja. sementara untuk keluaran hardisk keluaran 2010 ke atas kapasitasnya sudah mencapai ratusan GB.

Untuk software-software program terbaru pun ukurannya lebih besar dibandingkan dengan ukuran software yang dulu. Bahkan untuk, file-file seperti dokumen, foto, music, maupun video yang dihasilkan pun juga aka besar.

Dan itulah beberapa tips komputer dan laptop yang bisa Anda terapkan pada perangkat Anda. Selamat mencoba

Tips Komputer dan Laptop Supaya Tidak Lemot | gurumutan | 4.5