Perbedaan Http dan Https Yang Wajib Anda Ketahui

Jika Anda memperhatikan address bar pada browser, Anda mungkin akan melihat perbedaan website ada yang menggunakan protokol http dan ada pula yang menggunakan https. Pada beberapa halaman mungkin Anda akan menemukan perbedaan tersebut. Anda pastinya penasaran apa perbedaan http dan https?

Sebelum membahas mengenai perbedaan http dan https, Anda perlu mengetahui mengenai pengertian keduanya. Http (Hypertext Transfer Protocol) merupakan respon protocol yang berdasarkan pada mode komunikasi klien dengan server. Klien yang dimaksudan adalah web browser ataupun device lain yang bisa menampilkan, menerima, dan juga mengakses konten dalam web.

Protocol tersebut mengatur komunikasi antar jaringan. Ketika komputer dari klien melakukan permintaan dengan mengetik website yang akan diakses maka server akan mengolahnya berdasarkan kode protokol yang telah diinputkan.

Sedangkan https (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi yang lebih aman atau secure dari http. Pengembang dari https adalah Netscape communications di tahun 1993. Https lebih menjamin keamanan terutama dalam autentifikasi server dan lebih mampu untuk menjaga integritas data dan kerahasiaan data.

Sebenarnya antara http dan https memiliki prinsip yang sama, hanya saja pada https ada tambahan dalam hal keamanan. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan SSL atau Secure Socket Layer dan juga TLS atau Transport Layer Security. Hal ini tentu saja berbeda dengan Http yang melakukan deskripsi dan enkripsi dari halaman permintaan dari pengguna  dan juga halaman yang dikembalikan server.

Secara fungsional, http dan https memang mampu memberi perlindungan dari man in the middle attacks dan eavesdroppers namun https mampu memberikan keamanan yang lebih.

Ada beberapa perbedaan http dan https yang paling utama, yang akan dibahas pada ulasan di bawah ini:

  1. Port default.

Perbedaan http dan https yang pertama adalah pada port default pada protokol http adalah 80, sedangkan untuk https adalah 443. Perbedaan tersebut dipengaruhi adanya lapisan enkripsi SSL dan TSL pada protokol https. Catatan data yang ditukarkan akan disandi menggunakan kedua lapisan enkripsi tersebut.

  1. Cara kerja dan fungsi.

Https merupakan protokol yang masih mengacu pada interaksi http normal. Https memiliki layer yang terenkripsi oleh SSL untuk itu penerima diharuskan memiliki kesamaan sertifikat kunci publik dengan server web.

Pembuatan sertifikat adalah melalui penyedia SSL dan juga alat open SSL. Pemegang sertifikat haruslah dinyatakan sebagai pihak terpercaya dengan ditandatangani oleh otoritas yang berwenang.

Jika terdapat perbedaan sertifikat dengan aslinya maka pesan tersebut akan ditolak oleh https sehingga tidak akan diteruskan kepada server. Koneksi melalui https akan membuat server merespon dengan  menawarkan metode dari enkripsi yang telah tersedia.

Setelah klien melakukan pemilihan terhadap metode koneksi maka sertifikat yang dimiliki server maupun klien dan server akan dipertukarkan untuk melakukan autentifikasi data. Sertifikat publik yang sama akan membuat koneksi berhasil dilakukan.

  1. Keamanan data.

Perbedaan http dan https yang selanjutnya adalah pada keamanan data yang lebih terjamin pada penggunaan https dibandingkan dengan http biasa. Ada 3 aspek yang penting pada protokol https yang terjamin  yaitu integritas data, kerahasiaan data, dan juga autentifikasi server.

  1. Kebutuhan akan SSL.

SSL merupakan teknologi keamanan yang bisa melakukan enkripsi pada data antara klien dan server untuk ditransmisikan. Sertifikat SSL bisa dibeli dengan harga yang berbeda sesuai dengan tingkat keamanan yang diinginkan.

Itulah beberapa perbedaan http dan https. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Terima kasih.

Perbedaan Http dan Https Yang Wajib Anda Ketahui | gurumutan | 4.5