Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri

Bagi pengguna laptop Anda mungkin pernah mengalami laptop yang sering tiba-tiba mati sendiri tanpa Anda tekan tombol power atau klik shut down pada laptop. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu apalagi ketika laptop sedang digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah maupun tugas dari kantor.

Pengguna laptop yang masih awam tentang seluk beluk komputer akan bingung menghadapi hal tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab artikel ini akan membahas penyebab laptop sering mati sendiri sehingga Anda bisa mendeteksi permasalahan pada laptop dan mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya.

Langsung saja bisa Anda simak ulasan mengenai penyebab laptop sering mati sendiri dan cara mengatasinya berikut ini:

  1. Kotoran yang menumpuk di dalam laptop.

Permasalahan ini terkesan sepele, padahal bisa menjadi penyebab laptop sering mati sendiri dan mengganggu pekerjaan Anda. Biasanya kotoran dan debu akan menumpuk di bagian kipas pendingin atau cooling pad sehingga komponen tersebut tidak dapat bekerja dengan optimal untuk mendinginkan suhu perangkat.

Cara kerja cooler pad adalah dengan meniupkan kipas angin sehingga kemungkinan besar akan membuat debu menumpuk dan semakin tebal seiring waktu. Jika hal tersebut terus terjadi maka akan semakin menghambat putaran kipas angin dan fungsi cooling pad untuk mendinginkan perangkat menjadi berkurang.

Jika komponen-komponen dalam laptop bekerja secara terus menerus tetapi cooling pad dalam keadaan yang kotor maka akan terjadi over-heat atau peningkatan panas yang berlebih sehingga laptop akan mati dengan sendirinya.

Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan laptop terutama pada bagian saluran pembuangan udara dan kipas angin dengan menggunakan kuas. Anda juga bisa menggunakan meja laptop portable untuk mengurangi panas dan melancarkan sirkulasi udara dalam laptop.

  1. Kerusakan pada RAM.

Fungsi RAM dalam perangkat laptop Anda sangat penting. Jika RAM mengalami kerusakan maka laptop Anda tidak bisa digunakan. Bahkan Anda tidak bisa mengakses BiOS dan laptop tidak bisa melakukan booting.

Jika saat digunakan RAM pada laptop bermasalah maka akan menjadi penyebab laptop sering mati sendiri.

Masalah pada RAM laptop bisa terjadi karena kerak dan kotoran yang menempel. Untuk mengatasinya, Anda cukup membersihkan tembaga yang ada pada RAM dengan menggunakan tisu kering atau penghapus.

  1. Pasta pada processor kering.

Pasta processor yang kering adalah salah satu penyebab laptop sering mati sendiri pada laptop yang sudah berumur cukup lama. Semakin bertambah usia laptop maka pasta processor akan semakin kering sehingga panas yang dihasilkan oleh processor akan menuju ke heatsink. Hal ini bisa berpengaruh cukup fatal yaitu komponen processor rusak.

Untuk itu, Anda harus mengganti pasta processor secara berkala dengan mengoleskannya pada bagian bawah processor. Harga dari pasta processor cukup murah hanya sekitar 20 hingga 100 ribu rupiah.

  1. Mainboard usang.

Pada laptop yang sudah berusia cukup lama, komponen-komponen di dalamnya tentu akan semakin usang. Termasuk juga komponen mainboard atau juga dikenal sebagai motherboard. Aktivitas multitasking pada laptop juga mengakibatkan mainboard akan bermasalah.

Apalagi dengan adanya aplikasi yang menuntut spesifikasi tinggi semakin membuat komponen tersebut mengalami crash dan menjadi penyebab laptop sering mati sendiri. Untuk mengatasinya, lakukan upgrade pada komponen di laptop Anda dengan perangkat baru menyesuaikan kebutuhan bagi pekerjaan yang Anda lakukan.

Demikian ulasan mengenai penyebab laptop sering mati sendiri dan penanganannya. Semoga bermanfaat. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan perawatan terhadap perangkat di laptop secara rutin agar tidak sampai mengalami kerusakan.

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri | gurumutan | 4.5