Cara Membuat Blog di WordPress Yang Benar? Begini Caranya

Apabila Anda memiliki website atau blog yang dibuat melalui wordpress namun Anda ingin memperlihatkan tulisan Anda tersebut, maka yang harus Anda lakukan terlebih dulu yaitu dengan mengetik tulisan tersebut pada Microsoft word. Setelah Anda mengetiknya barulah Anda bisa memindahkannya ke wordpress.

Memasukkan atau mengimport dokumen dari Microsoft word docx pada wordpress biasanya dilakukan dengan cara mengopy pastekan saja. Akan tetapi jika dilakukan hanya dengan mengopy pastekan saja bisa mengacaukan format yang sudah dibuat di dokumen docx.

Untuk mengetahui cara membuat blog di wordpress yang benar, simak ulasannya berikut ini.

  • Mengapa perlu mengimport file docx di wordpress?

Sebagian pengguna ternyata lebih memilih untuk menulis artikelnya di Microsoft Word yang biasanya sudah dilengkapi dengan built-spell check, template, format, style, dan thesaurus. Dan default editor visual pada wordpress ternyata tidak menawarkan semua fitur tersebut.

Hal yang menjadi alasan lain yaitu ketika situs Anda mendapatkan blogging tamu. Apabila Anda tidak ingin memberikan penulis tamu untuk mengakses ke admin area wordpress milik Anda, maka mereka bisa mengirim posting tamu baik dalam format HTML maupun dokumen docx.

Nah, dan yang terakhir Anda mungkin saja sudah mempunyai beberapa konten yang disimpan dalam bentuk dokumen docx. Untuk copy dan paste dari docx tidak mudah, terlebih jika Anda harus menyalin konten dari beberapa dokumen sekaligus.

Untuk lebih jelas Anda melakukan cara membuat blog di wordpress dengan mengimport docx dokumen pada wordpress tanpa harus melanggar format.

  • Mengimport Dokumen.Docx di WordPress
  1. Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menginstal dan mengaktifkan plugin pada Mammoth.docx converter. Dan setelah aktivitas plugin, Anda hanya perlu membuat posting baru atau mengedit postingan yang sudah ada. Di bagian layar posting editor, Anda akan menemukan Mammoth.docx converter metabox yang berada di bawah editor posting.
  2. Cara membuat blog di wordpress dari proses ini Anda hanya perlu mengklik docx file untuk memilih file.docx pada computer Anda.
  3. Jika sudah memilih file docx, plugin akan memperlihatkan tiga pilihan tampilan untuk dokumen. Dalam visual tab, Anda akan melihat bagaimana dokumen akan terlihat pada halaman wordpress.
  4. Anda bisa melihat bahwa tampilan tersebut dan mungkin saja akan mengabaikan gaya yang diterapkan pada dokumen docx seperti warna latar belakang, warna teks, margin, padding dan lainnya. Namun sebaliknya, di sini akan memberikan kendali stylesheet tema Anda.
  5. Lihat pula di bagian HTML, yang dihasilkan oleh converter dengan cara mengklik tombol Raw HTML. Anda bisa mengklik tombol pesan untuk melihat apakah terdapat peringatan maupun kesalahan selama konversi.
  6. Apabila Anda puas dengan tampilan dokumen yang terlihat pada tab visual, maka Anda bisa mengklik tombol insert into editor. Dan plugin secara otomatis akan menyisipkan dikonversi HTML ke dalam editor posting wordpress Anda.

Plugin mammoth docx converter ini bisa mengonversi file docx ke formatĀ  HTML, sehingga kompatibel dengan wordpress. Dan saat ini, plugin ini mendukung fitur sebagai berikut :

  • Heading : Heading 1. Heading 2, are converted into h1, h2 dan lainnya
  • Lists
  • Tables are imported without formatting like border and cell colours
  • Plain HTML Formating like bold, italic, superscript Anda subscript

Plugin tidak membuat perubahan ke dokumen pada dokumen docx yang asli, bahkan tidak menyimpannya pada situs wordpress Anda. Selamat mencoba.

Cara Membuat Blog di WordPress Yang Benar? Begini Caranya | gurumutan | 4.5