5 Trik Jitu Investasi Bitcoin untuk Pemula

5 Trik Jitu Investasi Bitcoin untuk Pemula

Kemunculan Bitcoin di tahun 2009 telah menjadi bukti adanya kemajuan teknologi yang luar biasa dalam dunia finansial. Bitcoin sendiri yag merupakan mata uang kripto semakin menarik minat investor yang selama ini hanya mengenal sistem keuangan konvensional. Cara kerjanya yang tidak mengandalkan pada satu server dan tersentralisasi secara otomatis tanpa campur tangan manusia semakin memudahkan para investor untuk mengaksesnya.

Mata uang kripto sendiri adalah suatu bentuk uang digital yang memang didesain untuk meningkatkan rasa aman dalam bertransaksi. Metode kriptografi memungkinkan para investor tetap aman dalam bertransaksi dan juga kemudahan dalam melakukan pengontrolan. Tidak bisa dipungkiri, nilai bitcoin yang terus meningkat membuat semakin banyak saja orang yang tergiur untuk berinvestasi dalam bentuk mata uang digital ini.

Meski demikian, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai berinvestasi pada bitcoin terutama bagi para pemula. Penasaran? Berikut 5 trik jitu investasi botcoin untuk pemula:

Lakukan riset pendahuluan

Faktanya, jumlah koin bitcoin yang ada di seluruh dunia sangat terbatas. Hanya ada sekitar  juta yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Keterbatasan jumlah inilah yang justru membuat harga bitcoin akan cenderung terus meningkat. Meski menggiurkan, berinvestasi dengan bitcoin juga tetap memiliki resiko mengingat investasi ini tidak memiliki aset yang sebenarnya. Oleh karena itu, pahami cara kerja dan resiko terlebih dahulu agar tidak terburu-buru atau bahkan malah terkena panic sell saat trend menurun.

Mulailah dengan nilai investasi yang rendah

Memang cerita kesuksesan orang-orang yang telah berinvestasi dengan bitcoin terdengar sangat menggiurkan. Hal ini membuat banyak orang yang akan berpikir untuk menginvestasikan uang dalam jumlah besar agar bisa segera mendapatkan keuntungan yang besar pula. Sebagai pemula, 5 trik jitu investasi bitcoin bisa dimulai dengan berinvestasi pada nominal yang rendah terlebih dahulu sembari mempelajari cara kerja trading dan pola investasi yang benar.

Jangan terburu-buru menginvestasikan seluruh dana yang anda punya

Nilai bitcoin memang cenderung terus meningkat sampai pada capaian yang berkali lipat. Hal ini seringkali membuat para pemula menjadi tergoda untuk menginvestasikan semua dana yang ada untuk mendapatkan pencapaian yang maksimum. Faktanya, akan ada saat dimana bitcoin mengalami penurunan. Saat harga jatuh maka semua uang yang diinvestasikan bisa mengalami resiko hilang.

Selalu up date fluktuasi harga

Naik turunnya harga bitcoin bisa terjadi dalam hitungan menit. Oleh karena itulah ada baiknya jika kita selalu aktif memantau pergerakan harga. Untuk mempermudah pemantauan, kita bisa menggunakan fitur bitcoin  ticker widget atau butcoin checker. Kedua fitur ini bisa memberikan alert saat pergerakan harga sudah ada pada batas nilai yang kita inginkan sehingga di titik ini kita tinggal memutuskan untuk membeli atau menjualnya.

Jadilah pembeli dan penjual yang bijak

Sebelum melakukan penjualan ataupun pembelian bitcoin, kita perlu untuk lebih jeli agar nilai investasi yang kita dapatkan saat menjual misalnya tidak akan mengalami penurunan yang terlalu jauh dari harga saat kita membeli. Pertimbangkan juga nilai fee saat transaksi dan dikalkulasikan dengan harga jual atau beli agar kita tetap mendapatkan keuntungan saat berinvestasi. Seringkali kita hanya melihat nilai yang tertera pada harga jual atau beli lalu menghitung keuntungan yang ada didasarkan pada nilai ini.

Faktanya, saat melakukan transaksi kita juga harus mengingat akan nilai fee di kisaran persen. Jika altcoin yang kita pnya memiliki trend yang terus menurun dan kita ingin menjualnya maka kita harus bijak melakukan kalkulasi dengan menghitung nilai beli awal ditambah dengan nilai fee lalu dihitung dengan nilai jual yang ada sehingga tidak akan mengalami kerugian yang lebih besar nantinya. Hal ini adalah salah satu manfaat dari mempelajari 5 trik jitu investasi bitcoin.


 

Serba-serbi Pasar Mata Uang Kripto di  Tahun 2018

Sejak kemunculannya di tahun 2009, pasar mata uang kripto atau lebih dikenal dengan cryptocurrency telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Jika selama ini kita hanya mengenal metode finansial dengan cara konvensional maka pasar mata uang kripto ini bisa kita jadikan alternatif cara untuk berinvestasi dengan keuntungan yang menjanjikan.  Hal inilah yang kemudian menarik banyak minat investor untuk menggali informasi menganai serba-serbi pasar mata uang kripto di tahun 2018.

Pasar mata uang kripto ini bahkan telah mengalami pertumbuhan yang tidak main-main yaitu sejumlah 3300 persen di tahun 2017. Pertumbuhan yang menggila ini semakin menarik minat banyak investor untuk berinvestasi.Kenaikan potensi pasar crypto currency yang signifikan dibuktikan dengan adanya peningkatan drastis pada nilai pasar yang ada. Pasar yang awalnya hanya senilai 16 miliar langsung mengalami peningkatan signifikan menjadi 550 miliar USD. Pertumbuhan pasar mata uang kripto ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan di tahun 2018.

Hal ini dimungkinkan mengingat pasar crypto currency yang masih sangat  kecil di Indonesia dibandingkan dengan berbagai negara di Asia lainnya jika dibandingkan dengan potensi keuntungan yang sangat menjanjikan. Pertumbuhan signifikan di tahun 2018 ini tidak bisa lepas dari berbagai faktor seperti semakin meningkatnya teknologi di pasar mata uang kripto, peningkatan legalitas terhadap cryptocurrency dan adanya keterbukaan data nasabah perbankan yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Prediksi pasar yang terus meningkat ini juga tidak lain karena pasar crypto currency yang dinilai masih sangat kecil dibandingkan dengan raihan profit yang telah dibuktikan di tahun 2017. Namun serba-serbi pasar mata uang kripto tidak hanya akan berkutat seputar mencermati trend kenaikan atau level profit yang berhasil diraih saja tapi juga kondisi pasar crypto currency. Meski pasar cryptocurrency diprediksi akan terus meningkat namun dominasi bitcoin justru diprediksi mengalami penurunan. Hal ini tidak terlepas dari trend pertumbuhan bitcoin yang mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Menurut data yang ada, di tahun 2016, pangsa pasar bitcoin ada di kisaran 85 persen. Tahun 2017, pangsa ini mengalami penurunan hingga level 40 persen. Penurunan ini dinilai akan terus berlanjut mengingat akan banyaknya altcoin baru yang terus bermunculan nantinya di tahun 2018.

Penurunan ini juga memunculkan prediksi bahwa dominasi bitcoin sebagai pemilik pasar terbesar bukan tidak mungkin akan bisa digantikan oleh ripple ataupun ethereum. Dominasi pertumbuhan pesat akan dimiliki oleh cryptocurrency yang memiliki basic baik dan harga yag terjangkau.

Ripple yang digadang-gadang mungkin akan menggantikan bitcoin saja masih ada di kisaran harga 2 USD. Belum lagi deretan cryptocurrency potensial lainnya yang masih ada di kisaran kurang dari 1 USD seperti DigiByte, Dogecoin dan Stellar. Kemunculan altcoin-altcoin baru diperkirakan akan tetap menggunakan teknik hard fork diprediksi akan mengakibatkan pergeseran pasar pada Bitcoin. Keberhasilan teknik hard fork ini bisa dibuktikan saat peluncuran Bitcoin Gold dan Bitcoin Cash.

Inovasi pada fitur altcoin baru juga diperkirakan akan bisa menggoyang dominasi pasar bitcoin dan turut meramaikan serba-serbi pasar mata uang kripto. Hal ini tidak terlepas dari kemunculan Bitconnect dengan fitur lending dan stalking yang dimiliki. Meski pertumbuhannya semakin pesar, pangsa pasar crypto currency juga tidak terlepas dari isu-isu negatif yang bisa mempengaruhi pertumbuhannya. Kemungkinan isu yang ada antara lain adalah isu legalitas, adanya scam, penipuan, money game hingga bubble economy.

Kemunculan sentimen negatif ini dinilai bisa menghambat laju pertumbuhan pasar mata uang digital. Di Indonesia sendiri, pertumbuhan pasar crypto currency belumlah sebesar Cina ataupun Jepang yang kini menjadi pasar sentral dari crypto currency. Indonesia masih memliki potensi pertumbuhan pasar crypto currency yang sangat luas mengingat jumlah warganet yang  begitu besar. Jika kita ingin mulai berinvestasi untuk meraih hasil maksimal maka ada baiknya untuk selalu mencermati trend dan serba-serbi pasar mata uang kripto.

5 Trik Jitu Investasi Bitcoin untuk Pemula | gurumutan | 4.5